Home / Unik / Rica-Rica Entok Khas Demak Yang Nikmat

Rica-Rica Entok Khas Demak Yang Nikmat

Rica-Rica Entok Khas Demak Yang Nikmat – Bebek muscovy atau yg dapat kita sebut dengan entok, itik manila maupun itik serati ialah type unggas yg kerap kita temui di Indonesia. Binatang yg langkah berjalannya unik ini, umumnya mencari makan di sekitaran saluran air, sungai serta persawahan.

Di Kabupaten Demak, Jawa Tengah, unggas ini sangatlah gampang diketemukan, sebab dengan cara geografis, Demak terdapat di dataran rendah. Beberapa besar wilayahnya bersifat persawahan serta sungai sungai serta saluran irigasi banyak juga kita jumpai di kota bersejarah ini.

Keadaan daerah itu, pastinya pas sebagai habitat alami mentok atau entok atau muscovy. Mentok nyaris sama juga dengan bebek tetapi entok ini punya postur tubuh yg tambah besar.

Daging muscovy atau entok ini sangatlah lembut. Tetapi, seperti type lain dari daging bebek, daging entok punya kandungan protein, lemak karbohidrat serta zat besi.

Sesungguhnya, kalau dibanding dengan daging ayam yg umumnya dipelihara serta disuntik dengan beragam bahan kimia, daging mentok makin lebih sehat lantaran langkah hidupnya yg liar serta tidak kenal dengan rekayasa pembesaran dengan obat-obatan.

Tetapi lantaran di market daging ayam yg siap di proses semakin banyak, jadi customer lebih mengetahui makanan olahan ayam.

Daging bebek manila atau muscovy duck, kelanjutannnya dipakai oleh sebagian beberapa yang memiliki warung khusus olahan daging mentok di sebagian pelosok Demak.

Salah satu gerai makanan yg melestarikan olahan mentok yaitu warung Ndeso punya Ngatinah (50) .

Di warung simpel yg terdapat di jalan raya Gajah-Geneng Desa Ngaluran, Kecamatan Karanganyar, Demak itu, kita dapat mencicipi beragam masakan memiliki bahan basic entok.

Anda yg sukai masakan pedas dapat pilih rica-rica entok. Entok goreng juga dapat jadi pilihan yg pas dengan ditemani sambel serta beragam sayur seperti sayur asem, bening, atau sayur lodeh.

Masakan berkuah juga ada bersifat opor mentok yg bersantan kental dengan cita rasa gurih.

Warung yg telah berdiri mulai sejak 30 th. lantas dapat dibuktikan bisa memelihara resep rahasia makanya kerap didatangi customer mulai petinggi sampai rakyat umum untuk nikmati uniknya daging mentok.

Miftahul Ulum, umpamanya, warga Desa Jogoloyo, Kecamatan Wonosalam Demak ini mengakui nyaris tiap-tiap dua minggu sekali nikmati masakan ditempat favoritnya itu.

” Daging entoknya gurih serta empuk. Bila disini pastinya pesannya rica-rica entok serta entok goreng, ” kata Ulum yg keseharian mengajar matematika di SMKN 1 Sayung, Demak, kala didapati KompasTravel, Sabtu (11/3/2017) .

Ulum mengakui kerap makan bersama-sama keluarga ataupun rekan rekannya terlebih kala libur akhir minggu. ” Bila ada rekan dari luar kota ke tempat tinggal, pastinya saya ajak kesini. Rekan-rekan kuliah ataupun SMA pada suka makan disini, ” katanya.

Tidak butuh berkantung tidak tipis untuk dapat nikmati masakan enak ini. Cukup merogoh kocek Rp 15. 000 kita dapat nikmati seporsi rica-rica entok.

Bila menginginkan ditambah nasi serta satu gelas minuman cuma Rp 20. 000. Sedang untuk seporsi opor entok cukup membayar Rp 12. 000 dan sepotong entok goreng cuma Rp 10. 000.

About admin