Home / Indonesia / Strategi 3 Calon Cagub DKI Hadapi Debat Kedua

Strategi 3 Calon Cagub DKI Hadapi Debat Kedua

Strategi 3 Calon Cagub DKI Hadapi Debat Kedua – Tiga pasang kandidat gubernur serta wakil gubernur DKI Jakarta bakal melakukan session debat ke-2 pada Jumat (27/1) yang akan datang. Ketiganya yaitu : Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) -Djarot Saiful Hidayat, serta Anies Rasyid Baswedan-Sandiaga Uno.

Bagaimana persiapan mereka supaya debat ke-2 kelak tambah baik?

Calon Gubernur DKI Jakarta nomer urut 1 Agus Harimurti Yudhoyono mengakui bakal memercayakan pasangannya, Sylviana Murni dalam debat ke-2. Sylvi dikira layak maju lantaran telah memiliki pengalaman 31 th. di birokrasi. Kebetulan, topik debat ke-2 kelak yaitu ‘Reformasi Birokrasi serta Pengaturan Kota’.

” Ya pasti, infonya (topik debat) datang dari tempat mana saja, dari lapangan, dari ahli, dari beberapa pelaku segera. Ingat, saya miliki Mpok Sylvi, dia 31 th. di birokrasi yg tidak dipunyai yang lain, ” demikian kata Agus di Jalan KS Tubun, Jakarta Barat, Jumat (20/1/2017) tempo hari.

Sylviana juga mengakui siap jadi andalan Agus Yudhoyono di debat ke-2 kelak. ” Tentu (memercayakan saya) . Namun ide-ide cemerlangnya juga datang dari Mas Agus, ” tutur Sylvi di Kelapa Dua, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Sabtu (21/1) .

Calon Wakil Gubernur DKI Jakarta nomer urut 2 Djarot Saiful Hidayat juga mengakui siap hadapi debat setelah itu. Diakuinya tidak mempunyai persiapan spesial dalam hadapi debat ke-2 kelak. Djarot menyebutkan senantiasa siap dengan proses debat.

” Jadi bila bertanya persiapan ya kami telah siap, besok diminta debat juga kami telah siap. Mengapa? Ya jujur saja kami telah melakukannya, kami telah mengerjakannya, ” kata Djarot di Rusun Bumi Cengkareng Indah (BCI) , Cengkareng, Jakarta Barat, Sabtu (21/1) .

Namun Djarot tidak ingin mengungkapkan persiapan debat bertopik ‘Reformasi Birokrasi serta Pengaturan Kota’. Baginya semakin lebih seru bila materi di sampaikan waktu debat berjalan.

” Itu kelak kita berikan waktu debat, iya dong bila saya berikan saat ini tidak seru. Apa yang kita kerjakan praktiknya seperti apakah itu kelak waktu debat, ” tuturnya.

Kandidat Gubernur DKI nomer urut 3 Anies Rasyid Baswedan juga menyebutkan kesiapannya hadapi debat ke-2. Satu diantara gosip yang bakal dibawa yaitu tentang digitalisasi service birokrasi pada warga.

” Saya rasa ke depan kita arahnya bakal digital. Jadi service bakal dikerjakan dengan digital, pasti yang dapat dikerjakan dengan cara digital, ” tutur Anies di lokasi Krukut, Tamansari, Jakarta Barat, Jumat (20/1) .

Satu diantara yang bakal diangkat dalam program reformasi birokrasi yaitu penambahan service di Service Terpadu Satu Atap (PTSP) . ” Begini, semuanya terobosan itu mesti terus-menerus diperbaiki. Jadi bukanlah dihentikan, namun ditingkatkan.

Menurut Anies, service itu awalannya dari satu atap, lalu jadi satu pintu. ” Lantaran satu atap, banyak pintu permasalahan. Lalu digital. Bila digital dapat ditangani dimana saja, ” tutur Anies.

Pendamping Anies di Pilgub DKI, Sandiaga Uno, menerangkan telah memberi catatan utama dalam debat pertama. Politikus Partai Gerindra itu bakal selekasnya menyiapkan taktik mendekati debat ke-2.

” Penilaian yang tempo hari jadi telah final, jadi terdapat banyak poin utama. Untuk persiapan diawali hari Senin, ” tutur Sandiaga di Pulau Pramuka, Kabupaten Kepulauan Seribu, Sabtu (21/1) .

Debat Cagub-Cawagub DKI ke-2 bakal berjalan pada Jumat (27/1) minggu depan. KPU DKI mengambil keputusan untuk memberi durasi debat dari awalannya 90 menit jadi 120 menit.

” Bila dari sisi saat, evaluasinya saat sangat singkat. Tempo hari 90 menit, saat ini bakal di buat 120 menit, ” tutur Ketua KPU DKI Sumarno selesai diskusi ‘Antara Survey serta Kenyataans’ di Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (21/1) .

KPU, menurut Sumarno, telah bekerjasama dengan semasing pasangan calon, yaitu Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) -Djarot Saiful Hidayat, serta Anies Baswedan-Sandiaga Uno.

About admin