Home / Berita Umum / Pihak Istana Menepis Pernyataan Prabowo Dana Di Gelembungkan

Pihak Istana Menepis Pernyataan Prabowo Dana Di Gelembungkan

Pihak Istana Menepis Pernyataan Prabowo Dana Di Gelembungkan – Pihak Istana Kepresidenan menepis pernyataan Ketum Gerindra Prabowo Subianto masalah biaya pembangunan LRT di Indonesia di-markup dengan kata lain digelembungkan. Malah Istana menuturkan ada penghematan dana dalam project LRT.

” Itu kan berkenaan dengan LRT kan hitung-hitungannya kan? Kelak di perhatikan dalam hitung-hitungannya kalau dalam hitungan pemerintah berlangsung penghematan sejumlah Rp 13 triliun, ” tutur tenaga pakar Kedeputian IV Kantor Staf Presiden (KSP) Ali Mochtar Ngabalin, Jumat (22/6/2018) malam.

Ngabalin memberikan, project LRT yang dikerjakan pemerintah tak seutuhnya memakai biaya pendapatan serta berbelanja negara (APBN). Ngabalin mempertanyakan data apa yang digunakan Prabowo.

” Ingat, itu project pertama Indonesia yg tidak seutuhnya memakai APBN. Mungkin saja seputar 20-an %. Ini kan disebut tak efektif atau di-markup. Yang paling pertama mesti diperlukan data-data apa yang digunakan, ” terang Ngabalin.

Seperti di ketahui, Prabowo menuding cost pembangunan LRT di Indonesia di-markup. Dia juga mengakui mengantongi data masalah cost pembangunan untuk LRT didunia yang cuma sekitar US$ 8 juta/km. Sedang di Palembang, yang mempunyai panjang trek 24, 5 km, biayanya nyaris Rp 12, 5 triliun atau mungkin dengan kata lainnya US$ 40 juta/km. Prabowo menyebutkan data berkenaan indeks harga project LRT sedunia didapatnya dari Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

” Saya bertanya harga nya berapakah projectnya. Rp 12, 5 triliun. Mengagumkan. Rp 12, 5 triliun untuk selama 24 km. Saya di beri tahu oleh Gubernur DKI yang saat ini, saudara Anies Baswedan, dia mengemukakan pada saya : Pak Prabowo, indeks termahal LRT didunia 1 km yaitu 8 juta dolar, ” tutur Prabowo sambutan dalam acara bersilahturahmi kader di Hotel Grand Rajawali, Palembang, Kamis (21/6).

Waktu disuruhi konfirmasi tentang pernyataan Prabowo, Anies malah minta wartawan mencari data indeks harga project LRT sedunia tersebut. Di segi lainnya, Tudingan Prabowo telah dibantah oleh Kepala Project LRT Palembang, Mashudi Jauhar.

About admin