Kerusuhan Rutan Sigli Berharap Napi Tidak Ada Yang Kabur

Kerusuhan Rutan Sigli Berharap Napi Tidak Ada Yang Kabur – Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjen PAS) Kementerian Hukum serta HAM (Kemenkumham) masih memahami motif serta pemicu beberapa narapidana mengamuk serta lakukan pembakaran di Rumah Tahanan (Rutan) Kelas IIB Sigli, Aceh, Senin (3/6).

“Sekarang ini petugas Rutan Sigli, team Kanwil Kemenkumham Aceh dibantu petugas kepolisian sedang menahan situasi supaya keonaran tidak meluas,” tutur Kepala Sisi Humas Direktorat Jenderla Pemasyarakatan, Ade Kusmanto lewat pesan singkat, Senin (3/6).

Ade belum bisa pastikan penyebab keonaran yang berbuntut pembakaran lapas. Sampai sekarang ini faksinya belum mendapatkan info terdapatnya terpidana rutan sigli yang melarikan diri.

Pengamatan di lapangan, sampai sekarang ini beberapa terpidana masih melempari petugas dengan batu dari dalam Lapas.

Narapidana Mengamuk Disangka Kerjakan Pembakaran Lapas PidieKerusuhan Rutan Sigli. (Dok. DitjenPas Kemenkumham)

“Awas-awas, janganlah mendekat dilempari dengan batu oleh Narapidana dari dalam Lapas,” kata petugas kepolisian yang sedang amankan pemadaman Lapas Kelas IIB Pidie di tempat.

Hujan batu dari dalam Lapas selalu ke arah petugas perlindungan atau petugas pemadaman di luar Lapas. Walau dilempari batu, tetapi tidak menurunkan petugas lakukan pemadaman serta semua petugas kelihatan memakai helm.

“Semua narapidana masih ada di Lapas,” kata Kapolresta Pidie, Ajun Komisaris Besar Andy Nugraha Setiawan Siregar singkat di muka Lapas Kelas IIB, Blang Paseh, Kabupaten Pidie, Aceh.

“Minta bersabar kami sedang repot,” Andy Nugraha di antara perlindungan Lapas Kelas IIB Pidie.