Hanura Ikut Menyentuh Masalah Indeks Persepsi Korupsi

Hanura Ikut Menyentuh Masalah Indeks Persepsi Korupsi  – Partai Hanura menanyakan data yang dipakai calon presiden Prabowo Subianto masalah korupsi di Indonesia telah fase 4. Hanura ikut menyentuh masalah indeks persepsi korupsi Indonesia yang begitu jelek waktu awal reformasi.

“Jika Prabowo menjelaskan jika indeks korupsi Indonesia fase 4, sumber data atau rujukannya dari tempat mana? Jangan-jangan bersumber dari mimpi buruknya yang tetap tidak berhasil nyapres,” kata Ketua DPP Hanura Inas Nasrullah, Selasa (4/12/2018).

S/d tahun 1998 corruption perception index (CPI) atau indeks persepsi korupsi Indonesia ada di tempat terjatuh serta terburuk yaitu diangka 20 di mana korupsi merajala lela serta terpusat dikekuasaan yang saat itu dpimpin oleh Soeharto yang tidak lainnya bekas mertua Prabowo,” sambungnya.

Inas lalu menjelaskan Indonesia mulai bisa melakukan perbaikan CPI dalam kurun waktu 20 tahun paling akhir. Ia ikut menyebutkan CPI Indonesia sekarang ini telah ada di tempat yang lebih baik.

“Namun sesudah 20 tahun Indonesia bebas dari cengkraman bekas mertua Prabowo CPI lebih baik dengan angka 37, bahkan juga menurut ketua KPK, perkembangan CPI kita yang terunggul serta paling tinggi semenjak tahun 2017, mengacu pada hasil survey Transparency International,” papar Inas.

Masalah korupsi telah seperti kanker fase 4 atau kelompok kronis ini sudah sempat disinggung oleh calon presiden Prabowo Subianto. Waktu itu ia menjelaskan korupsi yang akan mengakibatkan kerusakan hari esok Indonesia.

“Korupsi di Indonesia sangatlah kronis. Ini yang mengakibatkan kerusakan hari esok kita,” kata Prabowo waktu jadi pembicara di The World in 2019 Gala Dinner di Grand Hyatt Hotel, Singapura, Selasa (27/11) kemarin.

Seakan menyanggah Prabowo, Jokowi menjelaskan loncatan CPI atau Indeks Persepsi Indonesia Indonesia dari 1998 sampai 2018 begitu berarti. Sekarang ini CPI Indonesia berada di angka 37. Jokowi juga menyatakan jangan pernah ada yang menjelaskan indeks korupsi di Indonesia telah masuk step fase 4.

“Dari yang terjelek se-ASEAN, saat ini naik jadi CPI ke angka 37, ini pantas disyukuri. Jangan pernah ada yang katakan korupsi kita fase 4, tidak ada,” kata Jokowi selesai Peringatan Hari Antikorupsi Sedunia (Harkodia) 2018 di Gedung Bidakara, Pancoran, Jakarta Selatan, Selasa (4/12).