Gunung Agung Mulai Kondusif Kembali

Gunung Agung Mulai Kondusif Kembali  – Sesudah sudah sempat erupsi, sekarang keadaan Gunung Agung, Bali mulai tenang. Siang hari ini tidak terpantau terdapatnya kegiatan gempa di seismograf.

“Cuaca berawan, gunung jelas sampai kabut 0-II. Asap kawah berwarna putih dengan intensitas tengah serta tinggi 200 m diatas puncak kawah,” kata Kepala Sub Bagian Mitigasi Gunung Api Lokasi Timur PVMBG Devy Kamil Syahbana pada wartawan, Jumat (18/1/2019).

Devy memberikan pantauan jam 06.00-12.00 Wita tidak terpantau terdapatnya kegiatan kegempaan di Gunung Agung. Walau demikian, status Gunung Agung belum juga di turunkan dari siaga hingga masyarakat disuruh masih siaga.

“Kegempaan nihil. Referensi penduduk di Gunung Agung serta pendaki/pengunjung/wisatawan supaya tidak ada, tidak lakukan pendakian, serta tidak beraktivitas apa pun di zone prediksi Bahaya yakni di semua ruang di radius 4 km dari Kawah Puncak Gunung Agung. Zone Prediksi Bahaya sifatnya dinamis serta selalu dievaluasi serta bisa dirubah setiap saat ikuti perubahan data penilaian Gunung Agung yang sangat aktual/paling baru,” katanya.

Penduduk yang menetap ataupun melakukan aktivitas di seputar saluran sungai pun disuruh waspda dengan kekuatan intimidasi lahar hujan. Ditambah lagi sekarang ini tengah musim hujan.

“Penduduk yang menetap serta melakukan aktivitas di seputar aliran-aliran sungai yang berhulu di Gunung Agung supaya waspada kekuatan intimidasi bahaya sekunder berbentuk saluran lahar hujan yang bisa berlangsung terpenting pada musim hujan apabila material erupsi masih tetap terkena di ruang puncak. Ruang landaan saluran lahar hujan ikuti aliran-aliran sungai yang berhulu di Gunung Agung,” imbaunya.

Awal mulanya dikabarkan, Gunung Agung sudah sempat alami erupsi yang mengakibatkan banyak wilayah hujan abu pada Minggu (13/12) kemarin.