Gempa 6 SR Guncang Jepang 9 Mei 2017

Gempa 6 SR Guncang Jepang 9 Mei 2017 – Gempa bumi mengguncang lokasi Jepang selatan hari ini. Tidak ada peringatan tsunami berkaitan gempa itu.

Menurut tubuh Survey Geologi Amerika Perkumpulan, USGS seperti ditulis kantor berita AFP, Selasa (9/5/2017), gempa berkekuatan 6 Taraf Richter (SR) itu berlangsung pada kedalaman 10 km. di perairan terlepas Pulau Miyako di lokasi Okinawa.

Selama ini belum ada laporan berkenaan rusaknya ataupun korban akibat gempa. Walau ga ada peringatan tsunami, tetapi Tubuh Meteorologi Jepang mengingatkan ada pergantian kecil dalam level laut.

Miyako yang berpenduduk kira-kira 55 ribu jiwa, ada kira-kira 1. 840 km. barat daya Tokyo serta kira-kira 380 km. timur Taipei.

Jepang ada di persimpangan empat lempeng tektonik serta sering alami gempa yang relatif kuat, tiap-tiap tahunnya. Pada 11 Maret 2011 lantas, lokasi pantai timur laut Jepang dirundung gempa serta tsunami dahsyat yang mengakibatkan sekitar lebih 18. 500 orang tewas atau hilang. Itu adalah bencana alam terburuk di Jepang sehabis masa Perang Dunia II.