Home / Uncategorized / Dua Orang Penjual Trenggiling Berhasil Ditangkap Petugas BKSDA

Dua Orang Penjual Trenggiling Berhasil Ditangkap Petugas BKSDA

Dua Orang Penjual Trenggiling Berhasil Ditangkap Petugas BKSDA – Dua pemuda diciduk petugas Seksi Lokasi (SKW) 2 Balai Perlindungan Sumber Daya Alam (BKSDA) Kalimantan Tengah (Kalimantan tengah) karena jual trenggiling di Group Jual Beli Berniaga Pangkalan Bun pada sosial media Facebook. Ke-2 pemuda berinisal MN serta AP di tangkap petugas sesudah ada info penjualan trenggiling seberat 6 Kg di sosial media, Sabtu (21/10/2017) .

“Setelah memperoleh informasi dari warga, tim paduan SKW II BKSDA Kalimantan tengah serta Pos Pangkalan Bun, Balai Gakkum LHK Lokasi Kalimantan berhasil menggagal penjualan trenggiling itu. Sesudah dikerjakan penggrebekan di tempat transaksi (bunderan Pangkalan Lima) tim juga berhasil mengamankan ke-2 aktor, ” tutur Kepala Seksi Lokasi (SKW) 2 BKSDA Kalimantan tengah, Agung Widodo.

Sesuai sama ketentuan, sesungguhnya aktor perdagangan trenggiling bisa dijerat pasal 21 ayat 2 huruf a, serta pasal 40 ayat 2, UU No 5/1990 mengenai Perlindungan Sumber Daya Alam Hidup serta Ekosistemnya. “Undang-Undang itu diisi ancaman hukuman pidana lima tahun serta denda Rp100 juta. Namun karena ketidaktahuan, kami masih tetap mentolerir dengan memberi pembinaan, ” kata Agung

Disamping itu, MN mengakui, tidak paham bila trenggiling adalah binatang dilindungi serta tidak bisa diperjual-belikan. “Saya tidak paham sekalipun bila trenggiling ini binatang dilindungi. Jadi saya mohon maaf, ” tutur MN waktu di check petugas.

About