BPBD Kabupaten Magelan Meyakini Tak Ada Hujan Abu

BPBD Kabupaten Magelan Meyakini Tak Ada Hujan Abu – Kepala Tubuh Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Magelang meyakinkan tak ada hujan abu di lokasi Magelang jadi akibat dari letusan freatik Gunung Merapi ini pagi.

” Tidak ada (hujan abu) . Peluang dikarenakan arah angin ke Selatan, ” tutur Kepala BPBD Kabupaten Magelang, Edi Susanto, terhadap detikcom, Jumat (11/5/2018) .

Edi menuturkan, dari laporan Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) BPBD Kabupaten Magelang per jam 08. 30 WIB, ada pergeseran arah abu vulkanik yang tertiup angin menuju arah Selatan. Diluar itu, keadaan Gunung Merapi juga aman serta normal.

” Letupan yang barusan berlangsung adalah letupan freatik, keadaan itu normal pada suatu gunung merapi. Pantauan seismograf aman serta normal, ” kata Edi.

Edi memohon orang-orang untuk masih tenang serta mengerjakan aktivitas seperti umum.

” Selama ini keadaan Merapi masih tetap aman. Tetapi demikianlah kita masih siaga, sembari menanti perubahan informasi terkini dari Balai Penyelidikan serta Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) , ” tandas Edi.

Untuk di ketahui, erupsi freatik adalah sistem keluarnya magma ke permukaan bumi dikarenakan dampak uap yang dikarenakan sentuhan air dengan magma, baik dengan segera atau pun tidak segera.

Erupsi freatik berlangsung dikala terdapatnya air tanah, air laut, air danau kawah, atau air hujan yang menyentuh magma didalam bumi, panas dari magma juga akan bikin air itu jadi uap, serta dikala desakan uap sangatlah tinggi serta tidak dapat dibendung, jadi juga akan berlangsung letusan yang dimaksud erupsi freatik.

Letusan dari erupsi freatik keluarkan material padat yang terlempar karena desakan dari uap barusan.