Home / Uncategorized / Baru Dilantik, Demo Anti Donald Trump Makin Meluas

Baru Dilantik, Demo Anti Donald Trump Makin Meluas

Baru Dilantik, Demo Anti Donald Trump Makin Meluas – Demo beberapa wanita protes pelantikan Donald Trump sebagai Presiden Amerika Serikat (AS) menebar ke negara-negara lain. Tindakan itu tidak cuma di gelar di Washington DC namun sampai ke negara Australia.

Ditulis dari Reuters, Minggu (22/1/2017) , beberapa ratus ribu wanita mengadakan tindakan solidaritas melawan Presiden AS Donald Trump. Gerakan Wanita di Washington DC itu menebar dalam semangat solidaritas perempuan ke negara-negara lain seperti Argentina, Australia sampai Inggris.

Di London, koordinator tindakan Emma McNall menyampaikan Trump akan tidak memperoleh waktu senggang pasca dilantik. ” Hari pertamanya jadi presiden ditandai dengan gerakan memprotes internasional yang bersejarah. Kami sudah mengadakan tindakan sekitaran 70 negara hari ini, hingga dia tak mempunyai saat bln. madu, ” tutur McNall.

Trump memancing emosi warga Amerika liberal dengan komentarnya yang dinilai merendahkan wanita, warga Meksiko serta Muslim serta bikin cemas negara lain dengan janjinya untuk meletakkan Amerika sebagai yang paling utama. Beberapa ribu wanita juga mengadakan tindakan di jalanan Sydney, London, Tokyo, New Delhi, lokasi Eropa yang lain serta kota-kota Asia.

Washington DC
Di Washington DC tindakan itu diprediksikan di hadiri oleh 200 ribu orang. Massa memadati jalanan menuju ibukota selama 1, 6 Km. Juru bicara tindakan itu yaitu penulis feminis Gloria Steinem serta sebagian aktris besar seperti Scarlett Johansson serta penyanyi pop Madonna.

Los Angeles
Satu diantara tindakan paling besar ada di Los Angeles. Penyelenggara mengestimasi jumlah massa meraih 750 ribu serta polisi Los angeles menyampaikan tindakan itu semakin besar dari gerakan pro-imigrasi di th. 2006 yang sejumlah 500 ribu orang.

New York
Menurut Wali Kota New York Bill de Blasio sekitaran 400 ribu orang penuhi Midtown Manhattan. Mereka bergerak dari Markas PBB di 42nd Street menuju Fifth Avenue ke Trump Tower, rumah serta kantor si presiden sebelumnya geser ke Gedung Putih.

Chicago
Polisi mengira sekitaran 125 ribu-150 ribu orang berkumpul di Grant Park, tempat kampanye pertama Barrack Obama pasca menang Pilpres AS 2008. Pihak penyelenggara mengklaim aktivitas itu diikuti 200 ribu orang. Ulama Muslim serta aktivis imigran dan pejuang hak transgender juga diklaim turut dalam gerakan itu.

Boston
Senator AS Elizabeth Warren, satu diantara profil populer dalam sayap Partai Demokrat berhimpun dengan Wali Kota Bostom Marty Walsh serta Senator AS Edward Markey di Boston Common.

” Kami ada disini, kami akan tidak tinggal diam, kami akan tidak pura-pura mati, kami bakal berjuang untuk apa yang kami yakini, ” tutur Warren dihadapan beberapa ratus massa.

Denver
Di kota Mile-High sekitaran 100 ribu massa berkumpul untuk pidato serta pertunjukan musikal di Taman Civic Center dekat dengan ibukota negara sisi. Tindakan ini adalah paling besar dari 13 kampanye yang dijadwalkan di negara sisi Colorado.

Disamping itu diluar AS, juga berlangsung memprotes pada Presiden Trump. Salah satunya :

Toronto – Kanada
Tindakan damai protes Trump dilangsungkan menuju Balai Kota Kanada menuju Gedung Konsulat AS. Supervisor polisi memperkirakan jumlah massa sekitaran 10 ribu-13 ribu orang.

Buenos Aires – Argentina
Di negara tetangga AS, Argentina, beberapa wanita juga protes Trump.

Sydney – Australia
Di Sydney kota paling besar Australia diprediksikan sekitaran 3 ribu orang terbagi dalam pria serta wanita berkumpul di Hyde Park sebelumnya bergerak menuju ke Konsulat AS di pusat kota.

” Kami tak mengadakan gerakan anti-Trump, kami bergerak untuk protes ujaran kebencian, retorika kebencian, misogini, bigotri, xenophobia (fobia orang asing-red) serta kami menginginkan menjadikan satu nada berbarengan beberapa wanita di semua benua, ” tutur penyelenggara tindakan Mindy Freiband.

Terkecuali kota itu, tindakan sama juga di gelar di New Zealand. Di negara itu tindakan sama di gelar di empat kota dengan perkiraan massa sekitaran 2 ribu orang.

Disamping itu di Asia, beberapa ratus orang berhimpun dalam demo di Tokyo. Termasuk juga salah satunya beberapa ekspatriat Amerika.

About admin